450 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Lengkap ( A - Z ) | Kumpulan Gambar Motivasi

450 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Lengkap ( A - Z )

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku – Apa itu kata baku dan tidak baku? Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh kata baku dan tidak baku, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa pengertian kata baku dan apa pengertian kata tidak baku seperti yang akan kami bahas dibawah ini.

Kata-kata baku ini perlu dipahami agar Anda dapat berbahasa Indonesia dengan benar. Salah satu tujuan bahasa adalah untuk mempersatukan bangsa. Dengan menggunakan kata baku yang baik dan benar, secara tidak langsung mampu mempersatukan perbedaan menjadi satu kesatuan dalam sebuah bangsa.

450 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Lengkap (A - Z )

Nah, agar Anda bisa lebih memahami tentang kata baku yang baik dan benar, berikut Diknas Pedia telah merangkum secara lengkap perihal pengertian kata baku dan tidak baku beserta contoh-contohnya.

Pengertian Kata Baku

Apa itu kata baku?  Secara umum, Pengertian kata baku adalah kata yang digunakan dan telah sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa yang baik dan benar.

Pengertian kata baku ini merupakan suata kata yang aturan dan ejaan kaidah bahasa Indonesianya sudah benar serta bersumber dari bahasa baku yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Biasanya, kata baku digunakan untuk penulisan ataupun pengungkapan kata-kata yang bersifat resmi baik dalam suatu tulisan ( misalnya; penulisan surat lamaran kerja, penulisan CV lamaran kerja, dll) atau dalam pengungkapan kata (misalnya; sambutan resmi seperti pidato, ceramah, dll).

Pengertian Kata Tidak Baku

Apa itu kata tidak baku?  Pengertian kata tidak baku merupakan kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa yang telah ditentukan.

Atau dalam arti lain, kata tidak baku adalah suatu kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

Tidak bakunya sebuah kata tidak hanya diakibatkan oleh salah penulisan saja, melainkan juga diakibatkan oleh pengucapan yang salah dan juga karena penyusunan suatu kalimat yang tidak tepat.

Contohnya penggunaan kata tidak baku ini biasanya sering digunakan dalam percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur.

Contoh Bahasa Baku dan Tidak Baku

Setelah Anda memahami definisi kata baku dan tidak baku diatas, maka selanjutnya Anda bisa melihat contoh-contoh kata baku dan tidak baku agar anda lebih memahami kata-kata yang benar. Untuk itu, silahkan simak tabel dibawah.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, kata baku dan tidak baku ini memiliki perbedaan satu sama lain, baik penggunaanya maupun pengucapanya. Kata baku dalam penulisan atau pengucapanya menggunakan kaidah bahasa bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan pedoman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedangkan kata tidak baku tidak mengacu pada kaidah bahasa yang ditentukan, melainkan dengan kebiasaan pengucapan yang terus menerus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengetahui pengertian, serta contoh kata baku dan tidak baku diatas, semoga bisa memberikan pelajaran mengenai pentingnya berbahasa yang baik dan benar untuk melestarikan budaya terutama bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Selamat belajar!

Iklan Tengah Artikel 1
Iklan Tengah Artikel 2
Iklan Bawah Artikel

Iklan