10 Contoh Pidato Perpisahan Kelas, Sekolah, Guru, Pindah Tugas, Pensiun | Kumpulan Gambar Motivasi

10 Contoh Pidato Perpisahan Kelas, Sekolah, Guru, Pindah Tugas, Pensiun

Contoh Pidato Perpisahan Singkat Perpisahan adalah salah satu momen yang paling mengharukan. Jika disekolah ada saatnya kita berpisah dengan teman-teman sekolah dan guru-guru, sedangkan dalam dunia kerja kita pun ada saatnya berpisah dengan rekan kerja atau rekan kator.

Hal itu adalah bagian dari hidup, setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Karena tak ada yang abadi di dunia ini. Semuanya memiliki waktunya sendiri- sendiri. Ada yang datang kemudian pergi. Masa depan yang akan datang pun akan berlalu menjadi masa lalu. Tapi, yakinlah bahwa perpisahan adalah awal dari pertemuan baru yang lebih menyenangkan.

10 Contoh Pidato Perpisahan Kelas, Sekolah, Guru, Pindah Tugas, Pensiun

Nah, jika anda mendapatkan tugas untuk berpidato diacara perpisahan sekolah atau sambutan perpisahan guru pensiun atau sambutan perpisahan yang lain. Dibawah ini terdapat beberapa contoh pidato perpisahan singkat ataupun panjang yang sangat mengharukan yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Mulai dari contoh pidato perpisahan kelas 6 SD /MI, contoh pidato perpisahan kelas 9 SMP/MTS, contoh pidato perpisahan kelas 12 SMA/MA/SMK, contoh pidato perpisahan guru, contoh pidato perpisahan teman kantor, sambutan perpisahan pimpinan dan lain-lain.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD/MI

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD/MI
Bagi siswa/siswi Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah yang mendapatkan tugas dari guru untuk berpidato atau memberi sambutan dalam acara perpisahan sekolah,  berikut ini contoh pidato perpisahan kelas 6 yang bisa anda pakai untuk berpidato pada acara perpisahan sekolah.
***
Assalamualaikum Wr. Wb
Puji dan syukur kita panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya yang sudah diberikan kepada kita semua. Sehingga pada hari yang sedikit mendung ini kita tetap bisa bertemu dan berkumpul bersama di sekolah yang kita cintai ini untuk melaksanakan acara perpisahan sekolah anak kelas 6. 

Sebenarnya, saya selaku perwakilan dari seluruh teman-teman kelas 6 sangat berat untuk menyampaikan pidato ini, karena kami semua merasa sedih karena harus berpisah dengan bapak ibu guru, teman, dan juga adik-adik kelas semua.

Namun, waktu yang singkat ini lah yang membatasi kebersamaan kita selama ini. Terkhusus kepada bapak/ibu kepala sekolah dan bapak/ibu guru, kami mengucapkan banyak terima kasih atas apa yang telah kalian berikan salama ini.

Bekal ilmu pengetahuan yang kami dapatkan selama ini sangat berharga bagi kamu untuk melangkah ke jenjang yang selanjutnya. Semua jasa yang bapak/ibu guru berikan selama ini akan kami ingat sepanjang masa.

Kami dari seluruh kelas 6 ingin menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada bapak/ibu guru yang sudah sangat sabar membimbing kami selama ini. Kami sadar bahwa apa yang kami lakukan selama ini, mungkin membuat bapak/ibu guru merasa jengkel.

Sekali lagi, saya selaku perwakilan dari seluruh teman-teman kelas 6 mengucapkan permohonan maaf. Kepada adik-adik kelas semuanya, teruslah bersekolah, belajarlah dengan giat, jangan bandel, terus hormatilah bapak/ibu guru kita semua ini. 

Demikianlah saya akhiri pidato kali ini, apabila ada salah-salah kata, kepada Allah SWT saya mohon ampun.
Wassalamualaikum Wr. Wb


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP/MTS

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP/MTS
Bagi siswa/siswi SMP/MTS yang mendapatkan tugas dari guru untuk berpidato atau memberi sambutan dalam acara perpisahan sekolah,  berikut ini contoh pidato perpisahan kelas 9 yang bisa anda pakai untuk berpidato pada acara perpisahan sekolah.
***
Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat Ibu Nur Jannah, M.pd selaku kepala sekolah SMPN 9 Rawa Sari.
Yang terhormat Bapak Andi Susanto, M.Pd selaku wakil kepala sekolah.
yang terhormat Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff SMPN 9 Rawa Sari dan seluruh teman-teman yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua bisa berkumpul di dalam aula ini dalam rangka pelepasan siswa-siswi kelas 9 SMP dalam keadaan sehat dan tanpa halangan sedikitpun. Dan juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada kanjeng Nabi Muhammad saw beserta seluruh keluarga, sahabat serta umatnya yang setia. Semoga kita dapat dipertemukan kembali dengannya di dalam surga kelak amin.. 

Hadirin yang saya hormati,

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan ini untuk meyampaikan sepatah dua patah kata dalam acara pelepasan siswa-siswi kelas 9. Terimaksih juga untuk segenap panitia yang telah bekerja dengan sangat keras dalam menyiapkan dan menjalankan acara yang sangat berkesan ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya mewakili teman-teman kelas 9 untuk menyampaikan pesan, kesan dan rasa terimakasih kami kepada kalian semua terkhusus bapak dan ibu guru kami yang tercinta.
Hadirin yang saya hormati,

3 tahun yang lalu kami semua datang ke sekolah ini seperti gelas kosong tanpa air sedikitpun. Lalu gelas kosong tersebut perlahan-lahan telah terisi dengan air yang bernama ilmu dan wawasan hingga akhirnya sekarang tiba waktunya gelas tersebut harus diisi dengan air yang lebih banyak lagi. 3 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi kami dan telah banyak kenangan-kenangan indah yang kami ukir di sekolah yang tercinta ini sehingga berat rasanya bagi kami untuk meninggalkan rumah kami, teman dan guru-guru kami. Oleh karena itu, kami merasa sangat sedih sekaligus senang dengan apa yang telah kami lalui dan capai bersama di sekolah ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini juga, saya dan seluruh teman-teman kelas 9 mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik kami dengan tekun dan kesabaran yang luar biasa. Kalian telah mendidik dan mengajari kami tanpa rasa lelah sedikitpun yang tergores di wajah. Kami pun menyadari bahwa sebesar dan sebanyak apappun yang kami berikan tidak bisa membalas semua jasa-jasa kalian. Dan yang bisa kami lakukan hanyalah berdoa semoga Allah swt selalu memberikan kesabaran dan kesehatan kepada kalian semua dalam menjalankan tugas mulia ini.

Tak lupa, kami juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru jika tingkah laku kami selama ini selalu membuat kesal dan menyinggung hati. Semoga Bapak dan Ibu guru bisa memaafkan kami karena restu kalian sangat berarti bagi kami untuk melanjutkan pendidikan dan menggapai mimipi-mimpi kami.

Hadirin yang saya hormati,

Sebelum kami pergi, saya berpesan kepada adik-adik kelas untuk terus belajar dengan giat dan raihlah prestasi setinggi mungkin untuk mengharumkan nama baik sekolah ini. Dan juga patuhilah nasehat-nasehat Bapak dan Ibu guru karena mereka adalah orang tua kedua kalian disekolah.

Untuk teman-temanku seluruh siswa-siswi kelas 9, Janganlah puas dengan apa yang telah kita capai saat ini. Marilah bangun kembali semangat untuk menggapai cita-cita kita. Terimaksih juga untuk teman-teman semua atas memori-memori indah yang telah kita ukir bersama di sekolah tercinta ini. Saya juga berpesan untuk terus menjaga silahturahmi. Semoga kita akan dipertemukan kembali dengan keadaan yang sukses dimana kita telah berhasil menggapai cita-cita kita Aminnn..

Hadirin yang saya hormati,

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak dan Ibu guru, adik-adik kelas, teman seperjuangan dan tidak lupa seluruh staff SMPN Rawa Sari dan selamat kepada siswa-siswi kelas 9 atas kelulusannya.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini. Jika terdapat kesalahan ketika saya menyampaikan pidato ini, saya memohon maaf dan terimaksih atas perhatiannya.

Saya akhiri

Wabilahitaufikwalhidayah, Wassalamualaikum Wr. Wb


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA/MA/SMK

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA/MA/SMK

Bagi siswa/siswi SMA/MA/SMK yang mendapatkan tugas dari guru untuk berpidato atau memberi sambutan dalam acara perpisahan sekolah,  berikut ini contoh pidato perpisahan untuk kelas 12 yang bisa anda gunakan sebagai bahan berpidato pada acara perpisahan sekolah.
***
Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati ibu kepala sekolah SMA Negeri 1 Semarang, Ibu Dra. Endang Suyatmi L, M.Pd.
Yang saya hormati bapak wakil kepala sekolah SMA Negeri 1 Semarang, bapak Budiyono, S.Pd, M.Kom.
Yang saya hormati bapak / ibu wali murid kelas 12 yang telah berkenan hadir dalam acara pelepasan siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Semarang
Yang saya hormati seluruh dewan guru beserta karyawan SMA Negeri 1 Semarang dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa kelas 12 dan adik-adik kelas 10 dan 11.

Alhamdulillahirabbil alamin, wabihinastain. Wa’ala umuridunya waddin. Washalatuwassalamuala asrafil anbiya iwal mursalin amma ba’du.

Segala puji bagi Allah rabb semesta alam, kepada-Nya lah kita memohon ampunan dan kepada Nya jua lah kita meminta pertolongan. Dia lah yang tak pernah berhenti memberikan kenikmatan kepada hamba-Nya tak terkecuali kita semua. Sepatutnya kita memperbanyak rasa syukur pada-Nya dengan cara meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita pada-Nya.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan umatnya. Semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir kelak.

Hadirin sekalian, megawali pidato saya pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak kepala sekolah, dewan guru, pembina eskul, rekan-rekan kelas 12 dan OSIS, yang telah mempercayakan serta memberi kesempatan pada saya untuk menyampaikan beberapa hal yang erat kaitannya dengan acara pelepasan kelas 12 pada hari ini.

Perlu diketahui bahwa pelepasan atau perpisahan kelas 12 pada hari ini hakikatnya adalah sebuah penundaan untuk bertemu kembali pada suatu ketika nanti. Saya berharap pada hari yang penuh dengan rasa haru dan air mata ini tidak dimaknai dengan perpisahan yang identik dengan perasaan sedih. Tapi maknailah hari ini dengan perasaan optimis dan bangga, untuk dapat meraih masa depan yang gemilang. Secara khusus bagi rekan-rekan seperjuanganku kelas 12 SMA Negeri 1 Semarang.
Kepada bapak / ibu guru SMA Negeri 1 Semarang yang kami cintai, permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kami haturkan kepada ayahanda dan ibunda sekalian. Kami menyadari selama kami dibimbing oleh ayahanda dan ibunda sekalian di sekolah, tentu banyak sekali kekhilafan yang kami perbuat. Kami juga mohon maaf atas ketidakmampuan kami untuk membalas segala jasa-jasa ayahanda dan ibunda. Perasaan cinta dan hormat kami hanya mampu diluapkan dengan kata-kata dan air mata haru. Terima kasih ayah dan bunda guru, doakan kami agar kami dapat menjadi anak bangsa yang berguna dan bermanfaat bagi negara dan agama.

Kepada rekan-rekanku kelas 12 yang saya banggakan. Selama tiga tahun sudah kita menjalani kehidupan belajar bersama-sama. Tentu telah banyak khilaf dan salah yang kita perbuat terhadap sesama. Oleh karenya, saling mengikhlaskan kesalahan dan rela memaafkan satu sama lain adalah satu hal yang perlu kita lakukan hari ini. Kawan-kawanku sekalian, hari ini adalah hari terakhir kita menginjakkan kaki di sekolah yang kita cintai ini sebagai seorang siswa. Esok kita akan menempuh jalan hidup kita masing-masing. Teruslah berjuang, jangan berhenti menggapai cita-cita, dan selalu perbaiki diri! Perpisahan hari ini kelak akan kita kenang selama-lamanya. Hari ini akan menjadi tonggak awal kesuksesan kita. Saya berharap suatu hari nanti kita akan bertemu kembali dengan kesuksesan kita masing-masing.

Teruntuk adik-adik kelasku, ingatlah bahwa adinda sekalian bukan lagi anak-anak yang selalu asyik dengan dunianya sendiri. Belajarlah yang rajin, bermimpilah yang besar, tinggalkan hal-hal negatif, teruslah berkaya, dan jangan lupa beribadah! Itulah pesan dari kakak-kakak kelas kalian yang akan pergi meninggalkan sekolah yang kita cintai ini. Maafkan kami jika selama ini belum bisa menjadi panutan yang ideal. Akan tetapi adinda tentu dapat memilah segala hal baik dan buruk yang ada pada diri kami. Ambillah segala sesuatu yang baik dan tirulah! Pilahlah sesuatu yang buruk dari kami dan buanglah jauh-jauh! Kepada kalianlah kami akan menitipkan sekolah yang kita cintai ini. jaga nama baik dan buatlah nama sekolah ini menjadi harum dengan prestasi-prestasi yang kalian ukir. Dengan begitu kami bisa meninggalkan almamater tercinta ini dengan tenang.

Kepada semua pihak yang ada di institusi pendidikan sekolah ini yang tak dapat saya sebutkan satu persatu. Terima kasih banyak, maafkanlah segala kesalahan kami, dan doakan kami! Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan dalam pidato singkat kali ini. terima kasih dan maaf yang sebesar-besarnya.
Wabillahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum. Wr. Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa

Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa
Jika anda merupakan mahasiswa/mahasiswi baik dari perguruan negeri maupun swasta yang mendapatkan tugas dari dosen untuk memberikan sambutan atau berpidato dalam acara perpisahan kampus,  berikut ini contoh pidato perpisahan mahasiswa yang bisa anda gunakan untuk berpidato pada acara perpisahan kampus.
***
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Berkat karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di sini dan diberikan kesehatan.
Kepada yang terhormat Bapak Dekan Universitas Islam Indonesia
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu Dosen sekalian
Kepada para hadirin semuanya

Kemudian, kita panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri telaudan bagi umat Islam. Semoga kita dapat berkumpul lagi di surge dengan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Saya di sini mewakili para wisudawan dan wisudawati yang lainnya untuk menyampaikan pesan dan kesan selama berkuliah di Universitas Islam Indonesia. Hari ini adalah hari yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa yang berkuliah.

Tentu saja kita merasakan sangat bersyukur atas ilmu dan juga kesabaran para Bapak dan Ibu Dosen. Kami juga berharap agar langsung bisa menerapkan ilmu kepada masyrakat sekalian. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak-Ibu Dosen, seluruh Wali Mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian atas dukungannya, sehingga bisa lulus.

Menempuh studi di bangku perkuliahan bukanlah waktu yang lama. Maka dari itu, kami sering menemukan banyak masalah dan sering berdiskusi dengan dosen, orang tua mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian. Berkat dukungan ini, akhirnya kami dapat menyelesaikan skripsi kami dan lulus.

Apabila selama ini ada kata-kata dan perilaku kami yang menyakiti hati para hadirin semua, kami mohon maaf. Sekian dari saya dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa KKN

Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa KKN

Jika anda merupakan mahasiswa/mahasiswi yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang mendapatkan tugas untuk memberikan sambutan atau berpidato dalam acara perpisahan KKN,  berikut ini contoh pidato perpisahan mahasiswa KKN yang bisa anda gunakan untuk berpidato pada acara perpisahan tersebut.
***
Assalamu’alaikum wr.wb,

Yang terhormat bapak lurah Somokaton ( Bpk …… )

Yang terhormat bapak ketua LPMK ( Bpk …… )

Yang terhormat ketua RW dan Ketua RT Kelurahan Somokaton.

Yang terhormat seluruh perangkat kelurahan Somokaton.

Dan yang terhormat seluruh bapak ibu tokoh masyarakat, karang taruna, pemuda pemudi warga kelurahan Somokaton dan adik adik serta teman teman KKN yang kami sayangi.

Alhamdulilahi robbil ‘alamin, assolatu wassala mu’ala asrofil ambiya I wal mursalin wa ala alihi wasohbihi rosulillahi ajma’in.

Pertama – tama dan yang lebih utama marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita semua dapat berkumpul di balai desa ini dalam rangka acara perpisahan Mahasiswa KKN di kelurahan Somokaton, mudah – mudahan kehadiran kita di sini senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Sholawat beriring salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telag membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh penerangan seperti yang kita rasakan saat ini.

Bapak / ibu yang kami hormati, Pada kesempatan malam yang berbahagia ini izinkanlah saya mewakili rekan – rekan mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta di Kelurahan Somokaton ini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai salah perpisahan dari kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta di Kel. Somokaton yang kami cintai ini.

Sebelumnya kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada bapak lurah kelurahan Somokaton yang hadir di tengah – tengah kita malam ini untuk menyaksikan acara perpisahan Mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh perangkat kelurahan yang telah menerima, membimbing, dan mendukung kami di kelurahan Somokaton ini untuk belajar langsung terjun ke tengah – tengah masyarakat menjalankan program – program KKN yang mudah – mudahan bermanfaat bagi kita bersama.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua warga kelurahan Somokaton, bapak – bapak, ibu – ibu, pemuda – pemudi dan adik – adik yang telah mendukung kelancaran kegiatan kami, karena tanpa dukungan warga kelurahan Somokaton kegiatan kami ini tidak akan berjalan dengan baik.

Bapak ibu yang kami hormati, selama dua bulan kegiatan KKN kami di Kelurahan Somokaton ini yaitu tanggal 12 September s/d 12 November 2011, kami menyadari bahwa kehadiran kami di sini belumlah dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap kelurahan ini, tapi mudah – mudahan KKN kami kali ini dapat memberi sedikit perubahan dan warna bila di banding tahun – tahun sebelumnya.

Kami sudah berusaha semampu kami, semaksimal mungkin mengerahkan materi, tenaga dan pikiran kami demi Somokaton tercinta, kami mohon maaf apabila selama 2 bulan kami di sini ada tingkah laku kami yang kurang sopan ataupun kegiatan kami yang kurang berkenan di hati, sekali lagi kami mohon maaf.

Bapak ibu yang kami hormati, Kelurahan Somokaton sebagai lokasi KKN, memberikan kesan yang baik dan menyenangkan bagi kami, masyarakatnya ramah tamah, rukun dan damai dengan sesama saling bekerjasama. Berternak dan industri pembuatan telor asin sebagai mayoritas mata pencaharian penduduk merupakan ciri ciri masyarakat yang bekerja keras, giat dan tekun demi kemakmuran dan kesejahteraan warga kelurahan Somokaton.

Pesan kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta kepada masyarakat Somokaton untuk tetap terus meningkatkan situasi dan kondisi ke arah yang lebih baik agar kelurahan Somokaton semakin jaya dikemudian hari.

Pesan kami untuk pemuda dan pemudi Somokaton per eratlah hubungan persaudaraan dan jagalah kekompakan, kami melihat jiwa kerja keras yang di miliki pemuda pemudi kelurahan Somokaton, teruslah pertahankan dan tingkatkan. Pesan kami juga untuk adik – adik tersayang, rajin – rajinlah belajar, kejar cita – cita tertinggi, dan teruslah bersekolah hingga jenjang yang lebih tinggi karena adik – adik semua adalah penerus kami, penerus generasi bangsa ini.

Kebersamaan dengan kalian, adik – adiku sayang, baik sewaktu bimbingan belajar, mengajar TK maupun PAUD dan kegiatan yang lain, sangat begitu indah dan tak akan pernah kami lupakan. Kalian semua adalah sahabat kecil kami yang senantiasa menghibur kami di sini.

Bapak dan ibu yang kami hormati, Izinkanlah saya membacakan pantun terakhir dari kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta, “Apabila ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi, apabila diberi umur yang panjang, boleh kita berjumpa lagi”

“jika ada jarum yang patah hangan di simpan di dalam peti, jika ada kata – kata kami yang salah jangan di simpan di dalam hati”. Demikianlah SALAM PERPISAHAN dari kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa PPL

Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa PPL

Jika anda merupakan mahasiswa/mahasiswi yang sedang melaksanakan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang mendapatkan tugas untuk memberikan sambutan atau berpidato dalam acara perpisahan PPL,  berikut ini contoh pidato perpisahan mahasiswa PPLyang bisa anda gunakan untuk berpidato pada acara perpisahan tersebut.
***
Assalamualaikum warohmatullahi wabarkatuh
Auzubillahi minasyaitonirrozim, bismillahi rohmanirrohim, robbis rohli sodri wayas sirli amri wahlul ukhdatan min lisani yafqohu qowli, ammaba’du.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA SMA Negeri 1 Semarang.
Ibu Dosen yaitu Bapak Drs. Suardi, ST., selaku dosen lapangan sekaligus pembimbing kami.
Ibu Agustina Ahalik, S.Pd, selaku guru pamong di SMA SMA Negeri 1 Semarang.
Bapak/Ibu dewan guru yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu serta jabatannya di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini.
Serta kawan-kawan mahasiswa dari FKIP Universitas Diponegoro.

Sebelumnya marilah kita bersama-sama mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang mana kita dapat berkumpul pada acara yang sangat penting ini, yaitu acara Perpisahan kami atau Perpisahan PPL mahasiswa FKIP Universitas Diponegoro di SMA SMA Negeri 1 Semarang tahun 2016. Pada hari ini, hari yang sangat cerah seolah-olah menginginkan agar kami cepat pulang kepangkuan orang tua atau lembaga Universitas Diponegoro.

Dalam kesempatan ini, saya atas nama mahasiswa FKIP Universitas Diponegoro mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu guru di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, yang mana telah banyak membantu dan mendidik kami untuk menjadi guru yang terbaik, menjadi guru yang baik dan benar, lebih khusus lagi bapak kepala sekolah, dan guru pamong yang telah banyak membantu kami dalam hal melatih mental menghadapi siswa-siswi SMA SMA Negeri 1 Semarang ini.

Kami mohon maaf sekiranya kami dalam hal memberikan materi kepada siswa-siswi di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini dengan kasar atau dengan muka masam, atau mungkin ada diantara kami yang memukul mereka, menjewer kuping mereka atau menghardik siswa-siswi tersebut. Disamping itu pula kami mohon maaf, jika selama kami di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, ada perbuatan, perkataan atau tindakan kami yang kurang berkenan di hati bapak/ibu sekalian, kami mohon untuk dimaafkan.

Bapak/ibu guru yang saya hormati, serta kawan-kawan yang saya banggakan
Selama kurang lebih 3 bulan kami di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, banyak ilmu yang sudah kami dapatkan, banyak kenangan yang kami rasakan, dan banyak pula hikmah yang dapat kami ambil dari kejadian-kejadian yang terjadi di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini. Pesan kami kepada bapak/ibu sekalian, tolong jangan lupakan kami, tolong jangan anggap kami ini mahasiswa yang lupa dengan guru-guru pamongnya, tolong kenang kami dalam hal yang baik-baiknya saja, dan jangan kenang kami dalam hal buruknya.

Kesan kami selama di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, kami sangat senang sekali dapat bekerja sama dengan bapak/ibu sekalian. Bapak/ibu guru serta bapak kepala sekolah telah banyak membantu kami dalam hal proses belajar mengajar, serta membuat RPP, Silabus, Prota, Promes, dan tugas-tugas guru yang lainnya. Begitu juga kami, yang dulunya tidak kenal dengan bapak/ibu guru serta siswa di SMA SMA Negeri 1 Semarang ini, kini kita sudah saling kenal, dan semakin rapat serta dekat layaknya semacam keluarga.

Terima kasih bapak/ibu semuanya. Untuk yang terakhirnya , saya atas nama mahasiswa FKIP Universitas Diponegoro mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu sekalian, jika ada perbuatan kami yang tidak berkenan di hati bapak/ibu sekalian. Dengan ini kami mengundurkan diri dari SMA SMA Negeri 1 Semarang ini.

Akhir kata, jika pedang lukai tubuh, pastikan ada harapan sembuh, jika lisan yang melukai hati, dimana obat hendak saya cari, maaf jualah yang saya ingini. 

Akhir kata, wabillahi taufiq walhidayah 
Wassalamualaikum warahmatullahi wabar katuh.


Contoh Pidato Perpisahan Guru Pensiun

Contoh Pidato Perpisahan Guru Pensiun

Bagi guru yang akan memasuki masa purnabakti atau pensiun, dan sedang mencari contoh sambutan atau berpidato Purnabakti atau Pensiun,  berikut ini contoh pidato perpisahan guru Purnabakti atau Pensiun yang bisa Anda gunakan.

***
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh. 

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Allhamdulilahi robbil alamin, wabihi nasta’inu ala umuri dunia waddin, wasollatu wasallamu ala asrofil anbiayi wal mursalin wa’ala alihi wasohbihi adzmain, ama ab’du.

Yang saya hormati, Bapak  Kepala Sekolah SD Negeri 16 Surakarta;
Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru dan staf SD Negeri 16 Surakarta;
Yang Ibu sayangi dan banggakan Siswa siswi SD Negeri 16 Surakarta;

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya kita diberikan kesempatan berkumpul di lapangan ini untuk upacara bendera dan dalam rangka pelepasan Ibu sebagai guru SD Negeri 16 Surakarta karena sudah genap 37 tahun ibu mengabdi menjadi guru sekolah dasar. Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak yang Ibu banggakan.

Berat rasanya bagi Ibu untuk mengucapkan kata-kata perpisahan, karena SD Negeri 16 Surakarta sudah menjadi bagian dari kehidupan Ibu, sekolah ini juga merupakan rumah kedua bagi ibu sejak tahun 2010. Berarti Ibu sudah mengabdi selama 7 tahun di sekolah ini . Rasanya waktu 7 tahun adalah waktu yang penuh arti banyak suka dan dukanya, bagi ibu lebih banyak sukanya, karena hari-hari di SD Negeri 16 Surakarta sangat menyenangkan, penuh cinta dan suka cita. Namun harus kita sadari bahwa sesuatu yang ada di dunia tiada yang abadi, tugas jabatan, termasuk kehidupan hanyalah sementara. Maka ijinkanlah Ibu pamit mundur dari kawah candra dimuka SD Negeri 16 Surakarta semoga Allah SWT memberkahi kita semua amiin.

Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak yang Ibu banggakan.
Jika selama ini ada kenangan manis,mari kita ukir di lubuk hati kita masing-masing untuk menjadi kenangan terindah yang bisa kita kenang selama-lamanya, namun Ibu menyadari sebagai manusia yang tidak luput dari salah dan dosa, mungkin banyak kenangan buruk yang masih terpendam dalam hati bapak ibu guru dan anak-anaku sekalian. Pada kesempatan yang baik ini, ijinkan permohonan maaf bapak kepada kalian semua, jika ada jarum yang patah jangan simpan di dalam peti, jika sesuatu ada yang salah jangan simpan dalam hati. Maafkan Jangan tiru prilaku Ibu yang membuat kalian tidak nyaman, namun jika ada sesutau yang baik dari Ibu jadikalah sebuah pelajaran.

Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak yang Ibu banggakan.
Ibu menyadari mungkin tidak semua pihak mendapatkan pelajaran dan pelayanan sesuai yang diharapkan, bahkan jauh dari kesempurnaan, Ibu bukanlah bulan purnama yang mampu menyinari seisi bumi, namun Ibu sebagai manusia biasa mempunyai banyak keterbatasan dan terkadang tidak mampu menghindari salah dan dosa. Ibu hanya punya keinginan yang telah direalisasikan untuk memberikan yang terbaik untuk sekolah ini, itulah kemampuan Ibu, dan hanya itulah yang bisa Ibu persembahkan kepada SD Negeri 16 Surakarta, walaupun hanya setitik semoga memiliki arti buat pencerahan kehidupan dimasa mendatang. Terkadang dalam penyampaian proses KBM ada tingkatan emosianal yang tinggi yang pernah Ibu lakukan, anggap saja sebuah pelajaran ”ibarat api yang panas dipertemukan dengan emas batangan yang akan ditempa sehingga menjadi sebuah perhiasan yang indah”.

Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak yang Ibu banggakan.
Kita menyadari bahwa pertemuan dan perpisahan merupakan dinamika sebuah kehidupan, semoga saja momentum ini tidak seperti sebuah lagu ”bukan perpisahan yang kutangisi namun pertemuan yang kusesali” akan tetapi pertemuan dan perpisahan merupakan anugrah yang patut kita syukuri.

Bapak-ibu guru, staf Tata Usaha dan anak-anak yang Ibu banggakan.
Bapak berpesan kepada diri bapak dan anak-anaku semua, mari kita terus belajar dengan cara belajar keras, cerdas dan antusias, 3 syarat proses pembelajaran harus menyatu dalam diri kita, belajar keras tidak cukup jika tidak belajar cerdas. Artinya jangan hanya pintar tapi yang lebih penting saat ini kita harus pintar-pintar memaikan peran dan jangan lupa harus antusias semangat yang tinggi untuk mencapai keberhasilan. Belajarlah yang giat, tekun, dan rajin kapanpun dan dimanapun berada. Karena belajar adalah sepanjang hayat. Setelah lulus dari SD kalian harus semangat belajar tidak ada hentinya untuk mencapai apa yang kalian cita-citakan, SMP, SMA, Kuliah, bahkan ketika sudah bekerja pun kalian harus tetap semangat belajar. Jangan pernah mengecewakan orang tua. Karena dalam tutur kata orang tua kalian selalu ada doa yang indah dan tulus untuk putra putrinya. Anak-anakku sekalian semoga keberhasilan selalu diberikan oleh Allah kepada Kita semua.

Bapak-ibu guru, staf dan anak-anak yang Ibu banggakan.
Ibu berharap perpisahan ini akan membawa kebaikan kita masing-masing. Semoga pertemuan dan perpisanan ini bagiakan sebuah ulat yang menjadi kepompong menjadi kupu-kupu yang indah. Sebentar lagi kupu-kupunya yang bernama Endang Sulilik akan terbang ke Langit Biru di Desa Sumberagung. Disana sudah menunggu taman bacaan yang berisi buku-buku untuk anak-anak yang haus ilmu seperti kalian. Ibu persilahkan kepada anak-anakku sekalian untuk berkunjung ke taman baca di rumah ibu kapanpun kalian mau. Ibu akan menyambut kalian semua dengan tangan terbuka. Sekali lagi mohon doanya semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua. Amiin.

Demikan sambutan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kesalahan.

Wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu alaiukum warahmatullohi wabarakaatuh


Contoh Pidato Perpisahan Kepala Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Kepala Sekolah

***
Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak dan ibu serta hadirin yang kami hormati,

Hari ini merupakan hari yang paling berbahagia karena pada hari ini kita dapat berkumpul bersama diantara rekan-rekan guru semuanya. Kebersamaan kita disini menambah keakraban kita, kekeluargaan kita, juga menambah kepedulian kita diantara sesama guru, mudah-mudahan kebersamaan kita terus terjalin, hubungan teman sejawat terus meningkat.

Akan tetapi pada hari ini pula kita merasakan kesedihan yang mendalam karena orang yang kita banggakan, orang yang telah berjasa memajukan SD NEGERI 3 KLATEN dan telah banyak berkorban demi kemajuan kita, yaitu Bapak H. Syamsuddin, S.Pd, dan Bapak Tri Basuki, A.Ma kini akan meninggalkan kita, karena tugas yang diberikan oleh Pemerintah untuk mengabdi di sekolah yang lain dan telah datangnya masa purnabakti (pensiun).

Memang kami sadar bahwa setiap ada perjumpaan pasti ada perpisahan. Karenanya apalah daya kami, walau berat hati terpaksa kami menerima perpisahan ini.

Namun demikian pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah kami mengenang kembali secara garis besar prestasi – prestasi yang telah dilakukan oleh Beliau selama disekolah ini, antara lain :
1. Sekolah kita yang dulunya kumuh kini semakin megah berkat perjuangan Bapak H. Syamsuddin, S.Pd
2. Anak-anak yang dulu kurang perhatian terhadap membaca al qur’an kini setiap hari jumat, membaca al qur’an selalu dilaksanakan dan di pimpin oleh Bapak Tri Basuki, A.Ma
3. Dan banyak lagi perubahan-perubahan yang mereka telah lakukan disekolah kita yang tercinta ini.

Bapak ibu serta hadirin yang terhormat,

Kami atas nama keluarga besar SD NEGERI 3 KLATEN memohon kepada bapak ibu sekalian untuk memaklumi dan memaafkan kesalahan-kesalahan selama beliau berkiprah, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Dan Kepada Bapak Kepala Sekolah (H. Syamsuddin, S.Pd) dan Bapak Guru Agama (Tri Basuki, A.Ma), atas nama keluarga besar Guru SD NEGERI 3 KLATEN kami memohon maaf atas kesalahankesalahan kami baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja, baik dalam urusan kedinasan maupun dalam pergaulan sehari-hari karena kami sadar bahwa kami tetap tidak luput dari salah dan dosa, mungkin saja selama kami dipimpin dan bergaul dengan bapak ada banyak hal yang tidak sesuai dengan keinginan-keinginan dan harapan-harapan bapak, tidak sesuai dengan program dinas, tidak sesuai dengan program sekolah, tidak sesuai dengan kode etik guru, maupun dengan yang lainnya,…kami sadar bahwa kami adalah bawahan, yang nurut pada atasan ataupun pimpinan, mohon maaf jika kami para guru, banyak kekurangan, kurang disiplin kerja dalam kedinasan, kurang loyalitas terhadap pimpinan, kurang tulus atas semua apa yang diperintah pimpinan, tidak sedikit kami para guru mungkin banyak mengecawakan bapak Kepala Sekolah dan bapak guru agama, banyak membuat kesalahan-kesalahan, sering mangkir, sering membuat kesal, tidak taat dan tidak patuh pada pimpinan, dan juga tidak nurut apa yang diperintah oleh pimpinan, padahal kami hanya bawahan, kami hanya guru biasa, yang siap diperintah dan di bina, tetapi kami sering berasumsi lain, sering mengutamakan hawa nafsu, sering mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan-kepentingan sekolah, sering merasa lebih tahu, merasa lebih hebat, merasa tinggi hati, merasa apa yang diucapkan dan perintah tidak di hormati dan dihargai oleh kami, oleh karenanya dari lubuk hati yang paling dalam kami memohon kepada bapak, maafkan kesalahan-kesalahan kami selama ini….baik yang tampak, maupun yang tidak tampak, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Selanjutnya untuk Bapak kami mendoakan semoga amal bakti bapak selama berkiprah disekolah ini diterima di sisi Allah Swt. semoga bapak sekeluarga dalam keadaan sehat selalu, selalu diberikan rahmat dan hidayah serta diberikan rizki yang banyak.

Semoga di lingkungan baru nanti, bapak dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan mampu membawa kemajuan pula seperti yang telah bapak lakukan terhadap SDN 2 Karang Bayan. Dan juga semoga setelah kepergian bapak nanti, tidak serta merta melupakan kami di sekolah ini, Kenangan selama bapak disini akan selalu kami kenang.

Selanjutnya kamipun memohon doa kepada Bapak, doakan kami karena dimasa yang akan datang akan begitu banyak tantangan dan rintangan, akan tetapi kami meyakini bahwa dibalik tantangan itu pasti ada peluang untuk dijadikan kekuatan untuk bisa lebih maju dan berkiprah sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Bapak Kepala Sekolah dan Rekan Guru Yang terhormat,

Kepada Kepala sekolah yang menggantikan Bapak sekarang, kami Para Guru menerima dengan senang hati, yang terpenting mau mengemban visi dan misi SDN 2 Karang Bayan.

Akhirnya kepada bapak ibu guru serta panitia kami mengucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya dengan baik.

Selamat jalan Bpk Kepala Sekolah yakni H. Syamsuddin, S.Pd ketempat yang baru dan kepada Bapak Tri Basuki, A.Ma selamat menikmati masa pensiun.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekeliruan dan kesalahan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Pindah Tugas

Contoh Pidato Perpisahan Pindah Tugas
***
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Kantor
Yang terhormat Bapak-Bapak Kepada Bagian beserta kepala seksi
Kepada rekan-rekan kantor yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah dan juga karunia-Nya kita semua diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dengan kondisi seperti apapun.

Saya telah bekerja di kantor ini paling tidak sudah selama 3 tahun dan tidak terasa bahwa waktu berjalan dengan sangat cepat. Ada banyak pengalaman dan pelajaran yang saya terima selama bekerja di kantor ini. Yang jelas, saya berterima kasih atas segala macam kenang-kenangan dan waktu yang diberikan selama ini.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang telah diberikan selama ini dari pihak kantor, sehingga saya diberikan banyak kesempatan untuk dapat memajukan perusahaan ini. Saya sangat bersyukur, karena ada banyak sekali teman-teman yang ramah di sini dan mau memberikan ilmu dan juga dukungan selama saya mengabdikan diri di kantor ini.

Dalam kehidupan sehari-hari di kantor ini, saya juga pasti banyak berbuat kesalahan baik itu ucapan maupun tindakan. Yang jelas, saya melakukannya tidak sengaja dan saya tidak bermaksud untuk melukai hati teman-teman sekalian.

Jadi apabila ada kesalahan dalam berkata-kata atau bertindak, saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Saya juga selalu mendoakan yang terbaik untuk masa depan dari kantor ini. Semoga di masa yang akan mendatang, kantor ini dapat berkembang dengan sangat pesat dan menjadi lebih berprestasi.

Saya mohon doa restunya agar saya mudah menyesuaikan diri dan mampu terus berkontribusi dengan baik di tempat yang baru. Saya juga berharap untuk dapat terus menjaga silaturrahmi dengan para rekan-rekan dari kantor ini, walaupun mulai besok saya sudah tidak lagi di kantor ini.

Sekian salam perpisahan untuk rekan-rekan kantor ini dan sekali lagi saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila saya pernah melakukan kesalahan. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Pimpinan di Kantor

Contoh Pidato Perpisahan Pimpinan di Kantor
***
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Kantor
Yang terhormat Bapak-Bapak Kepada Bagian beserta kepala seksi
Kepada rekan-rekan kantor yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah dan juga karunia-Nya kita semua diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dengan kondisi seperti apapun.

Saya telah bekerja di kantor ini paling tidak sudah selama 3 tahun dan tidak terasa bahwa waktu berjalan dengan sangat cepat. Ada banyak pengalaman dan pelajaran yang saya terima selama bekerja di kantor ini. Yang jelas, saya berterima kasih atas segala macam kenang-kenangan dan waktu yang diberikan selama ini.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang telah diberikan selama ini dari pihak kantor, sehingga saya diberikan banyak kesempatan untuk dapat memajukan perusahaan ini. Saya sangat bersyukur, karena ada banyak sekali teman-teman yang ramah di sini dan mau memberikan ilmu dan juga dukungan selama saya mengabdikan diri di kantor ini.

Dalam kehidupan sehari-hari di kantor ini, saya juga pasti banyak berbuat kesalahan baik itu ucapan maupun tindakan. Yang jelas, saya melakukannya tidak sengaja dan saya tidak bermaksud untuk melukai hati teman-teman sekalian.

Jadi apabila ada kesalahan dalam berkata-kata atau bertindak, saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Saya juga selalu mendoakan yang terbaik untuk masa depan dari kantor ini. Semoga di masa yang akan mendatang, kantor ini dapat berkembang dengan sangat pesat dan menjadi lebih berprestasi.

Saya mohon doa restunya agar saya mudah menyesuaikan diri dan mampu terus berkontribusi dengan baik di tempat yang baru. Saya juga berharap untuk dapat terus menjaga silaturrahmi dengan para rekan-rekan dari kantor ini, walaupun mulai besok saya sudah tidak lagi di kantor ini.

Sekian salam perpisahan untuk rekan-rekan kantor ini dan sekali lagi saya ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila saya pernah melakukan kesalahan. Terima kasih atas perhatiannya.Assalamu alaikum wr., wb.,

Selamat siang dan semoga keberuntungan selalu berpihak kepada kita semua.
Hari ini adalah hari yang pilu untuk saya, karena pada hari ini dengan berat hati saya harus meninggalkan kantor kita tercinta ini dan pindah ke kantor yang baru sesuai perintah dari pimpinan direksi.

Jauh di lubuk hati yang paling dalam, di satu sisi saya merasa bangga atas kinerja rekan-rekan sekalian, juga kinerja karyawan yang selama ini sudah didedikasikan untuk kantor kita ini. Namun, di sisi lain saya merasa sedih karena harus berpisah dari Anda semua.

Oleh karena pindah-nya saya dari kantor ini, ada hal terakhir yang ingin saya sampaikan kepada Anda sekalian yang hadir saat ini.

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang sudah mendukung dan bekerja keras demi memajukan kantor ini. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada seluruh karyawan yang telah menunjukkan kinerja dan tanggung jawabnya dalam menjalankan setiap pekerjaan yang ditugaskan dengan penuh kesabaran dan ikhlas.

Yang kedua, selama saya menjadi pimpinan di sini, bukan tidak mungkin, pastinya ada kata-kata maupun perilaku saya yang kurang berkenan di hati Anda sekalian. Untuk itu, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, baik kepada rekan-rekan dan karyawan. Sudikah kiranya Anda memberikan maaf untuk saya?

Terima kasih atas maaf yang telah Anda sekalian berikan.

Saya berharap setelah saya pindah, semoga kantor ini semakin maju dan lebih berhasil dari sebelumnya. Aamiin.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan pada acara perpisahan ini. Selamat siang dan selamat melanjutkan pekerjaannya.

Wassalamu alaikum wr. wb.

Itulah contoh-contoh pidato sambutan perpisahan singkat dan panjang yang bisa anda jadikan sebagai materi persiapan. Semoga tulisan singkat ini memiliki manfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia. 

Silahkan dicopy paste, asalkan cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Pidato Perpisahan 

Iklan Tengah Artikel 1
Iklan Tengah Artikel 2
Iklan Bawah Artikel

Iklan